Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kelompok Tani Di Pandeglang Terima Bantuan Alsintan Dan Ternak

Senin, 23 Oktober 2023 | Oktober 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-23T14:38:36Z


Kontakpublik.id,PANDEGLANG- 
Kelompok Tani yang ada di Kabupaten Pandeglang telah menerima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dan bantuan ternak.Bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Pandeglang kepada beberapa Ketua Kelompok Tani, di UPT Balai Benih Induk Padi Caringin Kecamatan Labuan, Senin  (23/10/2023)
 Alsintan yang diserahkan bersumber dari APBD dan APBN, yakni Traktor Roda Empat sebanyak 4 Unit. Traktor Roda Dua 90 Unit. Pompa Air 21 Unit. Hand Sprayer 50 Unit, tetmasuk 1000 Ekor Burung Puyuh, 142 Ekor Ternak Domba, 20 Ekor Ternak Sapi, 1 Unit Mesin Pencacah Rumput Pakan Ternak.

Bupati Pandeglang dalam sambutannya  Mengatakan," Saya sarankan, bantuan Alsintan dapat membantu para petani yang terbatas dalam alat pertanian, dan saya ingatkan jangan sampai bantuan Alsintan dari pemerintah disalah gunakan apalagi sampai dijual, itu tidak boleh terjadi," saran Bupati Pandeglang.



Masih kata Bupati, bahwa Alsintan menjadi salah satu terobosan baru dalam pembangunan pertanian untuk mengatasi permasalahan keterbatasan jumlah tenaga kerja di pedesaan, juga dapat mendukung komoditas target swasembada seperti padi.

"Alsintan diharapkan menjadi bagian dalam peningkatan produktivitas pertanian. Bantuan Alsintan yang selama ini diberikan kepada kelompok tani harus dirawat dan dikelola dengan baik dan bisa digunakan bagi seluruh petani dan kelompok tani,” kata Bupati.

Bupati juga mengatakan kepada Kelompok Tani, yang menerima bantuan Alsintan agar dapat lebih bertanggungjawab dalam hal pemeliharaan dan pemanfaatan alat tersebut sehingga nanti dengan adanya bantuan Alsintan ini dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pertanian yang ada di Kabupaten Pandeglang.

“Kepada kelompok tani penerima bantuan agar dapat berkoordinasi dengan baik kepada anggota kelompok tani dalam hal pemanfaatan Alsintan tersebut agar dapat memelihara, menjaga, mengelola dan menggunakan dengan baik sehingga alat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak cepat rusak tidak disalahfungsikan atau digunakan untuk hal lain,” tegas Bupati.



 Dr. Nasir, SP., MBA., MP., menyampaikan dalam sambutannya," bahwa alat ini diberikan bukan untuk digunakan oleh pribadi atau golongan tetapi harus dikelola dengan baik, jadi Kelompok Tani penerima bantuan Alsintan ini bertanggungjawab penuh. Jika tidak digunakan atau dimanfaatkan maka bantuan Alsintan ini akan ditarik dan dialihkan kapada Kelompok Tani yang lebih membutuhkan tanpa ada biaya ganti rugi dari Pemerintah Daerah.

“Kelompok Tani penerima alsintan sudah harus mempunyai strategi dalam mengatur pola pemanfaatan, penggunaannya begitu juga administrasinya agar Kelompok Tani itu dapat berkembang dan mensejahterakan seluruh anggotanya," kata Dr. Nasir.

Masih kata Kepala Distan Pandeglang, menurutnya bantuan alsintan diharapkan bisa dimanfaatkan oleh kelompok tani untuk membantu percepatan pengolahan Lahan serta efesiensi biaya dan efektivitas
penggunaan tenaga kerja, baik dalam proses olah tanah dan juga proses panen, sehingga petani bisa meningkatkan produksi dan produktivitas yang berdampak pada kesejahteraan petani. 

"Pesan dari saya kepada kelompok tani penerima bantuan alat mesin pertanian agar selalu berperan bahu membahu dalam membangun pertanian yang berkelanjutan di Kabupaten Pandeglang dan Ketahanan Pangan Nasional," tutup Nasir


Salah satu Kelompok tani  penerima bantuan menyampaikan,kepada Media,Alhamdulillah  bantuan Hand Traktor sebanyak satu unit akan dipergunakan untuk keperluan menggarap sawah, apa lagi sekarang sudah masuk masa musim penghujan.

“Terima kasih kepada Pemerintah Pandeglang yang sudah memberikan bantuan tersebut melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, hal tersebut akan kami pergunakan sesuai dengan kebutuhan saat melakukan menggarap sawah,” terangnya. (Do)
×
Berita Terbaru Update