Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Musim Kemarau Berkepanjangan Warga Sukanagara Darurat Air Bersih

Minggu, 27 Agustus 2023 | Agustus 27, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-27T14:30:59Z


kontakpublik.Id, PANDEGLANG-Musim Kemarau di pertengahan Tahun 2023 ini, Warga Desa Sukanagara Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten mengalami darurat Air  bersih, hal tersebut diakibatkan Satu-satunya sumber Mata Air yang Mereka gunakan sehari-hari, lambat Laun mulai mengering. Demikian disampaikan Kusnadi, salah Satu kaur Desa Sukanagara Kecamatan Carita pada Kontak Publik pekan lalu (27/08/23). 

Kenyataan tersebut cukup realistis, sebab menurut Kusnadi, pada umumnya Warga Desa Sukanagara hanya sebagian kecil  memanfaatkan Air Tanah melalui Jet Pump,  dengan kedalaman kurang lebih 60 Meter.  

Masih dikatakan Kusnadi. Sumber Mata Air yang mulai mengering itu bernama Mata Air Cikupa, sementara keberadaan Cikupa sendiri dirasa cukup krusial, sebab dari Cikupalah Warga memanfaatkannya dengan cara memasang jalur menggunakan selang dari dari Dapur ke dapur. " Terus terang Kami sangat kewalahan jika Musim Kemarau, maklumlah yang memanfaatkan Aliran sumber Cikupa adalah  sebagian besar Penduduk Desa Sukanagara." Ujar Kusnadi.

Dihari yang sama. Jaskari Kepala Desa Sukanagara Kecamatan Carita menuturkan. " Terkait penggunaan sumber Mata Air Cikupa melalui jalur selang, sebenarnya sudah berpuluh-puluh Tahun dimanfaatkan oleh Warga Kami, Akan tetapi sehubungan Warga makin lama makin bertambah, maka seperti itulah keadaannya. Artinya setiap menghadapi musim Kemarau Warga merasa kesulitan memperoleh Air secara normal."

" Yang paling Kami sayangkan lagi, kenapa Pipa Air dari Perusahaan Air Minum Daerah atau PDAM tidak masuk ke Desa Sukanagara, Padahal sebagaimana Kita ketahui bersama, seperti itulah kondisi sebenarnya soal Air di Desa Sukanagara. Selain hanya mengandalkan Mata Air Cikupa, juga kalaupun memanfaatkan Air Tanah harus digali dengan kedalaman Puluhan Meter." Lanjut Jaskari.

Atas kondisi dan keadaan yang dihadapi oleh Warga Desa Sukanagara. Ketu DPD Gempita Kabupaten Pandeglang M Yaya berkomentar ." Selain Kami merasa prihatin dengan situasi seperti itu, sejatinya hal tersebut bagian dari kewajiban Institusi yang berkepentingan ,sejauh mana kepedulian dan keprihatian ketika dihadapkan pada situasi darurat Air Bersih di Desa Sukanagara Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang." Terang Yaya. ( Red )
×
Berita Terbaru Update