Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Guru Guru Gugus V SD Kecamatan Carita Ikuti Lomba Literasi

Senin, 29 April 2024 | April 29, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-30T03:53:34Z


Kontakpublik.id,PANDEGLANG - 65 Orang Guru Sekolah Dasar dari Gugus V Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang provinsi Banten, mengikuti Lomba Festival Literasi  di selenggarakan oleh Yayasan " Youth Excelence Internasional foundation ( YEIF) berlangsung di SDN Sukanagara 2 , Kecamatan Carita pada Hari Selasa 30 April 2024.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh, Pengurus Yayasan YEIF, Korwil Disdikpora Kecamatan Carita Agus Amin, Ketua K3S Kecamatan Carita Udin Rafiudin, Kepala Sekolah SD Sukanagara 2 Iip Miftahul Fahmi, Ade Jueni Kepala SD Cinoyong 1,  Kepala SD Cinoyong 2  Kepala SD Kawoyang 1. H.Nasrudin, Kepala SD Kawoyang 2 serta guru guru dari Gugus V sebagai peserta Lomba.

Letisha Aldjufri, Ketua Youth Excellence International Foundation, menjelaskan bahwa kegiatan Festival literasi ini merupakan yang pertama di Kabupaten Pandeglang,  bertujuan untuk mengapresiasi karya terbaik para guru dalam pemahaman literasi, sejalan dengan misi YEIF untuk mendukung guru dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menarik. Selain  kegiatan ini, para guru memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai perlombaan menarik, seperti lomba menulis esai, lomba cipta,  baca puisi, sains dan  Matematika. 
dan peringkat 1, untuk mendapatkan ide-ide segar dalam pengembangan literasi di kelas. Namun yang membuat festival ini unik adalah penekanan pada menulis esai sebagai bagian utama dari acara. Guru diharapkan untuk menulis esai dengan melakukan serangkaian langkah penelitian agar dapat menjadi budaya dalam pengembangan literasi. Jelas Letisyh Aljupri Kepada Kontakpublik di sela acara berlangsung di SDN Sukanagara 2 Kec.Carita.


Masih kata Letisyh , kegiatan  dengan Lomba menulis, guru dapat menunjukan kepada siswa bagaimana cara mengekspresikan pikiran dan ide secara jelas dan teratur, serta  pemikiran yang kritis dan analitis, hal tersebut juga menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan pendidikan STEM di Indonesia.
Mudah mudahan guru guru yang mengikuti Kegiatan ini bisa menerapkan keoada anak didik masing masing juga kepada Guru yang lain.  Tuturnya

Iif Miftahul Fahmi sebagai Tuan Rumah Kepala SDN Sukanagara 2 yang di dampingi Ade Jueni Kepsek SDN Cinoyong 1 Kecamatan Carita menambahkan, bahwa Kegiatan festival literasi yang mengusung tema berawal dari kata berakhir dengan makna ini merupakan kegiatan sebagai tindak lanjut dari beberapa kegiatan pendampingan kerjasama antara pihak Yayasan YIEF  dan  dengan guru guru yang ada di  gugus 5 SD di kecamatan Carita , dan kegiatan ini lebih mengarah kepada Bagaimana guru dapat mengaplikasikan literasi dan numerasi dalam pembelajaran di kelas nya,  dengan harapan  pendampingan yang dilakukan oleh YIEF ,  ini akan meningkatkan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di kelas Nya , sehingga harapan dari pemerintah untuk jargon literasi dan numerasi ini dapat tercapai khususnya di gugus 5 SD Kecamatan Carita kabupaten Pandeglang . Ucapnya 

Lebih lanjut, harapan dari kegiatan pendampingan itu meningkatkan kompetensi guru untuk mengukur kegiatan pendampingan yang dilaksanakan beberapa bulan kebelakang ini pihak yayasan atau pihak lembaga penyelenggara mengadakan sebuah festival yaitu festival literasi dan numerasi dengan harapan pihak penyelenggara dapat mengetahui sampai sejauh mana para guru menyerap apa  yang sudah dilakukan sebelumnya dalam proses pendampingan literasi dan numerasi.

Juga  kegiatan ini merupakan agenda atau tahapan yang dilakukan yang sudah diformat oleh pihak yayasan untuk kemudian menjadi kegiatan pendampingan dan berawal untuk berakhir untuk mengetahui sejauh mana guru dapat menerapkan terkait dengan literasi numerasi di Bidang sains ini sehingga pada kegiatan selanjutnya dari evaluasi dalam kegiatan festival ini dapat menjadi Bekal untuk guru." Pungkasnya. (Uju) 
×
Berita Terbaru Update