Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Adakah Anggaran Nasi Kotak Pada Pelantikkan KPPS. Begini Penjelasan PPK

Selasa, 30 Januari 2024 | Januari 30, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-31T06:41:30Z


Kontakpublik.id,PANDEGLANG-
Kamis 25 Januari 2024, serempak Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dilantik oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) contohnya di Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, seperti Desa Labuan, Cigondang, Teluk, Caringin, Kalang Anyar, Banyu Biru, Banyu Mekar, Sukamaju, dan Ranca Teureup,Peserta dari KPPS yang hadir diacara Pelantikan tersebut disesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan masing - masing TPS Tujuh Orang termasuk Ketua KPPS.

Alhasil acarapun terbilang lancar, KPPS yang hadir pada Hari itu masing - masing mendapatkan snak yang berisi Tiga macam jenis makanan ringan ditambah Air Mineral ukuran satu gelas. Lalu adakah jatah berupa Nasi Kontak diacara Lima Tahunan itu ? Ternyata faktanya memang tidak ada, lalu Pesertapun pulang berlenggang kangkung.

Selang beberapa Hari kemudian, terdengar Kabar dari Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) seperti yang diutarakan HS pada Wartawan Rabu (31/01/24) . " Begini...awalnya Untuk menanggulangi Konsumsi kepada KPPS yang akan dilantik PPS, maka PPK meminjam Dana talangan kepada pihak ketiga, sehubungan Dana untuk Acara yang dikelola oleh PPS itu belum turun ." Terang HS. Menurut HS kenapa hanya snak tidak dilengkapi dengan Nasi Kotak. Kalau Nasi Kotak tambah HS, nanti difokuskan pada Acara Bintek PPK kepada KPPS yang didampingi PPS dihari selanjutnya.

" Akan tetapi beberapa Hari kemudian bukan hanya Dana untuk Snak tetapi untuk Nasi Kotak pun ternyata ada dan cair termasuk Dana Transportasi di penyelenggaraan Pelantikan itu, hanya saja terlambat, artinya Uangnya masih utuh tidak dibelanjakan akan tetapi Acara pelantikannya sudah dilaksanakan. Dan itu masuk pada Pagu Anggaran PPS bukan kepada pagu Anggaran PPK." Jelas HS.

Sementara salah Satu KPPS dari Kecamatan Labuan mengutarakan. " Saya Kemarin (30/01/24) hanya dikasih Seratus Ribu Rupiah, dengan rincian Lima Puluh Ribu Rupiah untuk Transpor Pelantikan dan Lima Puluh Ribu Rupiah untuk Transportasi Bintek ." Ucapnya berterus terang. Lalu Dana Nasi Kotak yang terlanjur berbentuk Uang apakah dikasihkan pada KPPS.

Untuk menemui titik terang benderang soal Dana Nasi Kotak, Ketua PPS yang berhasil dikonfirmasi oleh Kontakpublik.id menjawab tanpa menerangkan mekanisme yang sebenarnya, dalam arti Pertanyaan yang disampaikan dan jawaban yang diterima terkesan membias."
( MR/DO )

×
Berita Terbaru Update