Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DPD KNPI Ajak Pemuda Meneladani Para Pahlawan

Rabu, 09 November 2022 | November 09, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-10T00:36:17Z



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Untuk mendukung semangat perjuangan para pahlawan Indonesia dalam pertempuran 10 November 1945 , Soekarno presiden Republik Indonesia pada masa itu menetapkan 10 November sebagai hari Pahlawan,  penetapan 10 November sebagai hari Pahlawan termaktub dalam Keppres Nomor 316 tahun 1959 tanggal 16 desember 1959. 

Pada hari ini 10 November Tahun 2022  memasuki peringatan hari pahlawan yang ke 77 tahun. Adapun beberapa tokoh pahlawan yang terlibat dalam peristiwa 10 November di Surabaya itu adalah Gubernur Suryo, Bung Tomo , Mayjen Sungkono , HR Muhammad Mangoendiprodjo dan Kiai Haji Hasyim Asy'ari . Hari Pahlawan atau hari pahlawan Nasional dapat merujuk pada sejumlah peringatan Hari Pahlawan Nasional.

Tepat 10 November untuk mengingat pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945 peristiwa tersebut diawali insiden perobekan bendera merah putih biru  diatas hotel Yamato pada 19 September 1945 kemudian Presiden Soekarno memerintahkan untuk gencatatan senjata pada 29 Oktober 1945 bermula dari pertempuran Surabaya tanggal 10 November 1945 pertempuran tersebut terjadi antara pasukan Indonesia melawan pasukan Inggris usai proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Pada momentum Hari Pahlawan Nasional tahun 2022, yang diperingati pada tanggal 10 November, setiap tahunnya. Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Pandeglang, mengadakan Kegiatan Istighosah dan Ziarah ke Makam Pahlawan.Kegiatan ini bertujuan, agar para Pemuda bisa mengenang, meneladani serta mendoakan para pahlawan pendahulu kita. Ungkap Sulaeman Apandi, selaku Ketua DPD KNPI Pandeglang saat dihubungi melalui telepon selulernya. Pada media ini, rabu (09/11/22).

Ya " Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus mengenal sejarah, dan pada momentum hari pahlawan tanggal 10 November ini, mari kita mengenang serta meneladani bagaimana perjuangan para Pahlawan terdahulu, mereka memiliki semangat juang yang tinggi dan rela berkorban jiwa dan raganya untuk meraih kemerdekaan Republik ini". Tuturnya

Menurut Sulaeman, hari ini adalah kewajiban kita semua, khususnya para Pemuda untuk menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa serta meningkatkan rasa Nasionalisme dan Patriotisme sebagai wujud kecintaan pemuda terhadap, Bangsa dan Negara.

Dalam hal ini,  Pemuda Pandeglang harus mampu mewujudkan cita cita para pendahulu, KNPI harus menjadi garda terdepan dan berperan aktif dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan Bangsa sebagai bentuk implementasi rasa cinta kita terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena Pemuda merupakan tulang punggung Negara dan Pemuda merupakan harapan Bangsa, maka dengan bersatunya para Pemuda diyakini akan membawa perubahan terhadap Pandeglang untuk lebih maju". Ujarnya (Sof)
***Editor In Chief-Rudi Suhaemat***
×
Berita Terbaru Update