Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bencana Angin Puting Beliung Menimpa Rumah Warga Gunungkencana

Senin, 09 Mei 2022 | Mei 09, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-09T23:31:29Z




Kontakpublik.id, LEBAK - Puting Beliung, Hantam 58 Rumah Penduduk di Gunungkencana Lebak. Angin puting beliung bersamaan dengan hujan turun yang cukup deras sekitar pukul 16.30 WIB, Senin (9/5/2022), menghantam perkampungan Kampung Dederan RT 007/003 dan Kampung Lebak Siuh, RT 008/004, Desa Gunungkencana, Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten Lebak, Banten.

Angin puting beliung yang kali pertama terjadi di wilayah ini, cukup membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah. Beberapa bangunan bagian atap rumah penduduk, beberapa pohon terbang ke udara di sapu angin kencang. Bersyukurnya, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa manusia.
Namun sejumlah rumah penduduk hancur, gedung PGRI Gunungkencana, Puskesmas Gunungkencana, SDN 1 Gunungkencana, Majlis Taklim Miftahul Jannah, rusak parah.  Bangunan bagian atap runtuh dan kaca jendela hancur.

Camat Gunungkencana Firman Arif Hidayat, yang dihubungi, melalui sambungan selullar mengatakan, data sementara yang dihimpun Tim Terpadu Penanggulangan Bencana Kecamatan Gunungkencana yang terdiri dari; unsur aparat Kecamatan, Polsek, Koramil Gunungkencana dan relawan lainya, hingga pukul 18.05 WIB, jumlah rumah penduduk yang rusak akibat amukan angin puting beliung di Kampung Dederan, sebanyak 54 rumah dan di Kampung Lebak Siuh, sebanyak 34 rumah. 
Tim Terpadu, setelah angin puting beliung “lenyap” berjibaku membantu mengevakuasi barang dan peralatan rumah tangga lainnya dan memberikan bantuan kepada warga.

Senada di katakan Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak, Budi Santoso, yang dihubungi, ia turut prihatin dan bela sungkawa atas terjadinya bencana angin puting beliung yang terjadi dan menimpa rumah penduduk di wilayah Kecamatan Gunungkencana.
“Sesuai arahan ibu Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, saya tadi sore sudah meminta kepada BPBD Lebak dan Dinas Sosial Kabupaten Lebak, untuk segera terjun kelokasi-lokasi dan berkoordinasi dengan pihak Forkopimcam untuk melakukan asesmen lapangan dan mengambil tindakan kedaruratan yang dibutuhkan segera,” ungkapnya.

Selain itu, kata Budi Santoso, saya juga sudah memerintahkan untuk  membawa bantuan terutama makanan dan minuman. Jangan sampai ada warga terdampak yang kekurangan makanan. Adapun kebutuhan lain, bisa menyusul besok. Ujarnya. (Rudi/Dim)

×
Berita Terbaru Update