Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DPKP Serahkan Bantuan ALSINTAN Di UPT BBIP Caringin

Rabu, 29 Mei 2024 | Mei 29, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-30T01:34:02Z

Kontakpublik.id, PANDEGLANG-
Penggunaan alat mesin pertanian (ALSINTAN) telah menjadi kebutuhan bagi para petani. Pemanfaatan alsintan bertujuan untuk memberikan kemudahan serta lebih mengurangi biaya produksi.

Penggunaan hand traktor misalnya.
Alsintan digunakan untuk mengoptimalkan proses produksi pertanian, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi ketergantungan pada tenaga manusia yang dapat digunakan para petani guna Meningkatkan kapasitas kerja sehingga luas tanam dan intensitas tanam dapat meningkat.


Begini kata M Nasir selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pada Rabu (29-5-2024) di UPT Balai Benih Induk Padi Caringin bahwa


Pembagian bantuan kelompok tani dari pusat
Dalam rangka mempercepat luas tambah tanam.
Target pak menteri tahun ini kita berusaha harus memproduksi 15 juta ton beras, jadi kita tidak mau lagi ada import beras.

Ini berbagai upaya dilakukan alat tekhnologi untuk mendukung percepatan tanam itu. Baik pompa untuk menyediakan air yang memiliki sumber-sumber air permukaan
Itu menggunakan pompa. Tuturnya

Kemarin kita sudah bagikan 147 dan di brigade kodim juga sudah ada 100 dan di bagikan ke brigade dinas ada 100, semua untuk kebutuhan petani dan boleh meminjam. 

Disamping itu kita hibahkan traktor kepada para petani 
Sejumlah 45 unit dan insa allah hari ini Rabu 29 mei 2024 , kita bagikan dan besok sebagian, 45 yunit ini semua akan kami bagikan agar mempercepat olah tanam sehingga LTT pandeglang bisa meningkat. 

Harapannya dengan alat-alat ini semua Index tanaman menigkat dari 2 jadi 3 dari 3 jadi 4 dan 
Itu harapan kita sumber-sumber air bisa manfaat di musim kemarau. 

Insaallah bakal ada lagi irigasi Perpompaam (IRPOM) dari Kementerian Pertanian, itu bisa di kelola oleh para kelompok tani, mereka yang mengelola, mereka juga yang membeli alat-alatnya Termasuk pompa. Ujarnya. (Rudi/Ali)
×
Berita Terbaru Update