Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DD Kolelet Tahap 1 Th 2024 Capai 90%

Rabu, 01 Mei 2024 | Mei 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-02T05:33:56Z


kontakpublik.id, PANDEGLANG-
Desa Kolelet yang berada diwilayah Kecamatan Picung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten memiliki luas daerah 428 Hektare. Dengan Luas tersebut dibagi atas daratan seluas 308 dan pesawahan 120 Hektare.


Desa ini merupakan pemekaran dari desa kadu pandak dengan batas wilayah Desa Kolelet, Sebelah Utara Desa Kadupandak,
Sebelah Selatan Desa Ciherang,
Sebelah Timur Desa Cililitan dan 
Sebelah Barat Desa Bungurcopong.

Salah satu pendapatan desa terbesarnya yakni Dana Desa (DD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan disalurkan ke rekening kas desa melalui rekening kas daerah dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. 

Untuk membiayai bidang pemberdayaan masyarakat didasarkan atas kondisi dan potensi desa, sejalan dengan pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kerja Perangkat Desa (RKPDes) setiap tahunnya.



DD telah memberikan manfaat yang dirasakan masyarakat desa, terutama dalam upaya pengentasan kemiskinan. Sebagai wujud keterbukaan. Buktinya prangkat desa Kolelet yang selalu Standby pada Kamis (02-05-2024) di Kantor Desanya.

Menanggapi hal itu Kepala Desa Kolelet yang biasa akrab dipanggil Jaro Rasim, menyampaikan, bahwa
Penggunaan DD diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa

Dalam pemenuhan kebutuhan dasar seperti pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, dan lapangan pekerjaan, termasuk kualitas infrastruktur dan pelayanan publik seperti jalan, irigasi, listrik dan air bersih, tetap dibutuhkan

Maka peningkatan kualitas hidup serta penanggulangan kemiskinan dituangkanlah dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD). Nah penyaluran DD itu sendiri dilakukan secara bertahap, dengan ketentuan yang telah diatur, masing-masing ada 2 tahap penyaluran. semua desa sama tahap I dan II 

Alhamdulillah Kegiatan Fisik di desa Kolelet dari DD tahap I sudah 90% terlaksana , seperti Paping Block, Jalan Usaha Tani (JUT), bahkan Sarana Air Bersih (SAB) 3 Titik , itu semua hampir 100% sudah di dilaksanakan pembangunanya.

Lebih lengkapnya soal pengalokasian DD di desa kolelet nanti kami kirim via whatshapp atau email, sambil mengakhiri perbincanganya dengan media ini (Rudi/Ali Hamzah)
×
Berita Terbaru Update