Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Buka Puasa Sahur dan Imsak di Kecamatan Labuan Banten ternyata ada Kode nya.

Senin, 01 April 2024 | April 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-01T12:49:49Z


kontakpublik.id,PANDEGLANG-Sejumlah Masjid dan Mushola di Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Setiap Bulan suci Ramadhan memiliki cara unik ketika memberitahukan kepada Warga, yang akan melaksanakan Buka Puasa, Makan Sahur juga memasuki waktu Imsak. Cara unik tersebut biasanya dikerjakan oleh Kaum atau Marebot ( yang ditugaskan merawat Tempat Ibadah.Red ). Marebot tersebut Tiga Puluh menit sebelum Buka puasa, atau Waktu Sahur dan Imsak, memberitahukan secara lisan lewat pengeras Suara kepada Warga, soal perputaran Jarum Jam dari menit ke menit menjelang saat - saat yang dianggap cukup penting.

Dan ketika Waktu Berbuka Puasa tiba, sang Marebot membunyikan Sirine kurang lebih Satu atau Dua menit. Sehubungan tidak hanya Satu atau Dua Masjid dan Mushola yang menggunakan Sirine , sudah bisa dibayangkan, manakala dibunyikan dari masing - masing tempat Ibadah. Lengkingan Sirinepun berbunyi saling sahut bersahutan, lucunya lagi Mushola yang tidak memiliki Sirine biasanya Marebot menggunakan lengkingan suaranya sendiri, yang penting mirip dengan suara Sirine.

Cara seperti itu berawal dari Masjid Agung Al-Ittihad yang berlokasi di Jalan jenderal Sudirman Labuan, akan tetapi entah siapa penggagasnya, yang jelas Masjid yang kerap dipadati jemaah terutama pada saat Sholat Jum'at, sudah berjalan dari Tahun ke Tahun hingga di Tahun 2024 ini.

Seorang Warga Caringin asal Surabaya Irfan, ketika terlibat dalam acara Buka Puasa bersama mengutarakan. " Itu memang Suara Sirine, artinya kalau Suara Sirine berbunyi berarti Waktu Buka Puasa sudah tiba." Gumamnya dengan nada heran, langsung dijawab dan diiahkan oleh Ezy Warga setempat.

Suara Sirine tidak hanya sampai disitu , tepat pukul 03.00 Wib Dinihari kembali berbunyi, sebagai pertanda waktu bersantap Sahur telah tiba, kemudian terakhir kembali bunyi disaat waktu Imsak, artinya sebelum Adzan Subuh berkumandang.

Menggunakan Suara Sirine dimasing - masing Masjid dan Mushola, disamping besar manfaatnya sekaligus sebagai bentuk pemberitahuan praktis dan komunikatif, dan sepertinya hanya di kecamatan Labuan yang menggunakannya. (MR).
×
Berita Terbaru Update