Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lahan Sawah Kekeringan, Petani Bikin Batu Bata

Selasa, 04 Juli 2023 | Juli 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-04T12:20:59Z


kontakoubluk.id, PANDEGLANG-lahan kering pada bidang pertanian di negeri ini memiliki tipe iklim yang berbeda perbedaan ini sesuai dengan karakteristik lingkungan komponen biotik dan abiotik pada tiap daerah terdiri atas sawah irigasi sawah tadah hujan Sawah pasang surut dan sawah Lebak

 namun produksi padi nasional sebagian besar berasal dari lahan sawah irigasi dan sawah tadah hujan, resiko kekeringan akibat keterbatasan air menjadi tingkat erosi tanah yang tinggi sehingga kandungan nutrisi tanah rendah

Menurut Yuyu Wahyudin, selaku Koordinator Penyuluh Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten  kepada Media ini Senin (04-07-2023) di Kantornya. Bahwa Dimusim kering yang sedang melanda  area pesawahan yang mengandalkan air hujan untuk bercocok tanam (tadah hujan), sebagian para petani yang ada di Kecamatan Patia melakukan kegiatan lain dalam kesehariannya

Selain memanfaatkan musim dan lahan Dimusim kering untuk membuat batu bata, para petani yang ada di Kecamatan Patia juga melakukan kegiatan ke kebun dan kegiatan lainnya. 

Jadi, kegiatan para petani pada musim kering ini sebagian ada yang menjadi pengrajin batu bata namun sekarang tidak banyak,  kira-kira per orang itu hanya 1 petak sawah, itu juga tidak semua Desa , hanya beberapa Desa saja, biasanya yang saya tau, Desa Surianeun, Babakan Kesik dan Desa Rahayu.

Yuyu sampaikan , Pompa ada di Poktan, kebetulan kan ini musim kemarau jadi gak bisa digunakan, paling kalau ada kekebun, atau kerja lainnya sambil menunggu musim hujan dan musim tanam tiba".

Ditempat terpisah, M. Rizal Assyukron selaku Kepala Desa Surianeun membenarkan keterangan Korluh, bahwa lahan pesawahan yang ada di Kecamatan Patia dimanfaatkan untuk berternak bebek oleh petani, jadi para petani selain menjadi pengrajin batu bata, ke kebun atau mencari kesibukan lain seperti jadi kuli bangunan.

Dimusim sawah kering ini para petani juga ada yang memanfaatkan sawahnya untuk beternak bebek, karena lumayan satu musim kering ini, dan sawah kering itu sudah biasa namun ada juga para petani yang memagar sawahnya menggunakan jaring jaring itu dan mereka membuat saung sambil mengontrol bebek-bebek peliharaan mereka.

Untuk pakannya kan suka pake dedak padi di pabrik penggilingan beras, atau menggunakan campuran ikan runcah kecil-kecil, biasanya suka beli ke pelelangan ikan di Panimbang, Sidamukti Sukaresmi dan Teluk Labuan.

Kades berharap, jika ada bantuan lain dari Pemerintah agar Warga Produktif, misal alat mesin Paving block sehingga warga bisa beraktivitas, berkarya dengan membuat Pavingblock disela-sela pra tanam bisa menambah penghasilan. Tapi tidak mengurangi kegiatan diladang saat musim garap. Peluang untuk Desa menjadi simbol kekuatan  dari Inovasi Desa. (rudi bako)
×
Berita Terbaru Update