Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Monyet liar Seperti Kelaparan, WLPLH dan Muspika Beri makanan

Jumat, 23 Juni 2023 | Juni 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-24T05:16:22Z


kontakpublik.id,PANDEGLANG-Bukan rahasia Umum lagi Hewan  monyet  salah satu hewan paling cerdas di bumi ini , selama berabad-abad para ilmuwan telah menggunakannya untuk penelitian dan eksperimen, karena kecerdasannya yang tinggi dan kemampuannya untuk mempelajari tugas-tugas baru dengan cepat dan super aktif dimanapun brada.

 Untuk mempertahankan hidup , monyet menyukai makanan seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan biji-bijian. Selama makanannya tercukupi tentu akan bertahan dibagian Wilayahnya .

Namun belakangan ini Geger Kawanan monyet liar di Pulau popole seperti kelaparan, diwaktu pesisir pantai sedang surut menyebrang masuk ke Desa-Desa yang berdekatan dengan Pulau.

Menyoroti hal itu,
Warga Kecamatan Labuan yang tergabung pada Alliannsi Warga Labuan Peduli Lingkungan dan Hewan (WLPLH) bersama Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Labuan lakukan aksi peduli lingkungan dan memberi makanan kepada hewan yang ada di Pulau Popole, Labuan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pada Kemarin Sore , Jum'at (23/06/23) 

Informasi dari sejumlah Warga , terutama yang berdomisili di pesisir pantai seperti Warga Desa Caringin, Teluk, Labuan, Cigondang, Sukamaju Kecamatan Labuan dan sebagian warga Desa Margasana dengan Desa Margagiri Kecamatan Pagelaran, diduga ratusan monyet liar kelaparan di pulau Popole ini 

Saat  air laut surut , monyet liar nampak seperti kelaparan, ada juga yang menyebrang ke sekitar Desa-desa" demikian ungkap Mahdi selaku koordinator WLPLH, di hadapan Awak Media.

Untuk itu kita dari Aliansi WLPLH berinisiatif bersama Muspika Labuan dan dibantu pihak SAHBANDAR, kantor Pos Labuan juga UPT DKP diberikan bantuan sekedar ongkos penyebrangan dengan menggunakan perahu, termasuk Relawan lainya yang memberikan sumbangsihnya untuk pakan atau buah buahan yang membantu beri makanan hewan tersebut.

Selain koordinator WLPLH, pihak Muspika yang turut ikut menyebrang ke pulau Popole itu dikonfirmasi hari Jum'at itu kita giatkan kegiatan sosial yang diantaranya menyebrang ke pulau Popole ini untuk memberikan makanan berupa buah buahan untuk hewan monyet. 

Menurut Camat Labuan, Ace Jarnuji, Sebelumnya lebih dari satu minggu kita Estafet ke seluruh Desa-Desa bergilir yang ada di Kecamatan Labuan, untuk melakukan Gotong royong dan hari jumat pagi kita dari muspika setempat dilabuan bersama pihak Polsek, Koramil dan relawan lainnya mendatangi rumah Ibu Pariah yang terkena musibah kebakaran rumahnya di Desa Cigondang. Katanya

"Ya di hari Jum'at berkah ini lumayan padat juga kita bergerak untuk kegiatan-kegiatan sosial, dan saat ini kita di Pulau Popole memberikan sejumlah peti dan karung berisikan buah-buahan untuk makanan hewan monyet, tentunya itu juga mahluk ciptaan Allah SWT yang patut kita jaga dan kita pelihara.

Hal yang sama dilontarkan Inf Mane selaku Danramil 0110 / Labuan, Bagusnya lagi giat seperti ini harus sering dijadwalkan, dan saya berharap pegiat pegiat sosial lainnya turut ikut turun tangan membantu, agar keberlangsungan habitat hewan monyet di Pulau Popole ini terpelihara dengan baik dan tidak liar kelaparan.

Kami berharap, Mudah-mudahan ada investor yang tertarik juga untuk pengembangan pulau ini atau ada pihak pemerintah terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Kehutanan, DLH, DP Pandeglang  bisa turun langsung memberikan giat giat yang penuh inspiratif untuk pulau ini, karena menurut kami potensinya sangat luar biasa jika dikembangkan. (rudi bako/WB)

×
Berita Terbaru Update