Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KPPC Bersama Warga Carita Gotong Royong Bersihkan Sampah

Selasa, 09 Mei 2023 | Mei 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-10T01:02:32Z


Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Untuk menjaga serta memelihara lingkungan Warga masyarakat Desa Sukarame Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang, melakukan gotong royong bersih-bersih sampah di sepanjang jalan kawasan wisata dan pesisir pantai Selasa, (9/5/2023).

Kegiatan tersebut merupakan upaya pembenahan dan pembersihan yang dilakukan secara rutin untuk memelihara lingkungan agar tetap terlihat bersih dan rapi. Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Komunitas Peduli Pariwisata Carita (KPPC) bersama unsur Pemerintah Desa Sukarame, dan Forkopimca Carita, beserta masyarakat setempat.

Endang Tresnajaya, Kepala Desa (Kades) Sukarame, Kecamatan Carita, menyampaikan, kegiatan gotong royong bersih-bersih sampah merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan kemajuan pariwisata Carita.

"Kegiatan rutinitas ini sering dilakukan, apa lagi setelah liburan hari Raya Idul Fitri banyak sampah yang berceceran di sekitaran kawasan wisata Carita. Oleh karena itu, kami membersihkan sampah di sepanjang jalan kawasan Pantai Carita, khususnya di Desa Sukarame," ujarnya

Lanjut Kades Sukarame mengatakan, kegiatan ini diinisiasi oleh  Komunitas Peduli Pariwisata Carita (KPPC) dan bekerjasama dengan Pemerintah Desa. Serta diiikuti oleh Ketua RT, Karang Taruna, Balawista dan unsur terkait.

"Kami berharap untuk kawasan wisata Pantai Carita menjadi bersih, indah, nyaman. Sehingga membuat betah para pengunjung wisatawan," pungkasnya.

Selain itu, bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sukarame dan KPPC, itu kegiatan yang sangat rutin. Dikarenakan hal tersebut untuk menjaga kebersihan yang merupakan bagian dari salah satu tugas dan tanggung jawab bersama. 

"Dikarenakan ini merupakan kegiatan yang sangat positif, maka dari itu lingkungan tersebut harus dijaga dan dipelihara, sehingga akan membuat nyaman wisatawan jika lingkungannya terlihat bersih," tuturnya 

Jika lingkungan terlihat bersih tentunya merupakan suatu kebanggaan, ini akan menjadi contoh kepada masyarakat. Selain itu, dalam rangka menciptakan suasana lingkungan yang bersih, rapi dan indah.

"Kerapihan dan kenyaman harus tetap terjaga dan terpelihara setiap waktu, agar tercipta suasana yang nyaman, bersih dan rapi, yang terpenting tercipta lingkungan yang bersih, indah dan sehat di sekitaran kawasan wisata carita," terangnya



Sementara itu, Ketua KPPC Franky Supriadi menyampaikan, pihaknya tengah melaksanakan kegiatan bersih-bersih yang bekerjasama dengan Pemerintahan Desa, Balawista, Karang Taruna, para Ketua RT dan juga masyarakat setempat, 
Kemudian juga dari unsur Forkopimca Carita. Kegiatan bersih-bersih ini merupakan program rutin yang sering dilakukan.

"Kegiatan bersih-bersih dikarenakan bentuk kepedulian nya terhadap kawasan wisata Carita, dengan sasaran baik itu area pantai maupun sepanjang jalan raya kawasan wisata," imbuhnya.

Kegiatan ini dilakukan secara berkala. Pada hari ini dilaksanakan di Desa Sukarame, nanti hal yang sama akan dilakukan di desa lainnya yang berada di Kecamatan Carita. Hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga kebersihan kawasan Pantai Carita.

"Selain itu juga sebagai edukasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan kawasan wisata maupun lingkungannya. Menjaga kebersihan itu penting bagi dirinya dan juga lingkungannya," ucapnya.

Franky menegaskan, kawasan pariwisata tidak terlepas dari Sapta pesona. 

"Bersih adalah modal bagi berwisata. Untuk membuat betah dan nyaman wisatawan," katanya.

Dalam kegiatan bersih-bersih kali ini di depan Pantai Carita Sea Park. Jumlah kantong plastik sampah yang sudah disiapkan sebanyak 200 kantong.

"Hari ini 200 kantong dan kantong plastik sampah ini berasal dari swadaya KPPC," jelasnya. (Do)
×
Berita Terbaru Update