Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Waspada Pergerakan Harga Pada Libur Akhir Tahun

Senin, 12 Desember 2022 | Desember 12, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-13T04:09:25Z

kontakpubkik.id, SERANG-Begini kata Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar yang menyatakan pengendalian Inflasi menjelang libur akhir tahun Perayaan Natal  2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023 di Provinsi Banten, mengajak para Kepala Daerah berkomitmen bekerja sama dalam mengendalikan inflasi. berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi Provinsi Banten year on year (YoY) di angka 5,34% di bawah rata-rata Nasional  5,42%. 

“Berkaitan dengan persiapan Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) kita yang berada di posisi 8 terendah Inflasi telah menyiapkan berbagai stok pangan dan kebutuhan mendasar,”  ungkapnya usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin Irjen Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Tomsi Tohir Balaw secara virtual dari Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang. Senin (12/12/2022).

Menjelang Nataru, Al Muktabar berharap para Kepala Daerah memiliki langkah-langkah terapi khusus sesuai dengan apa yang harus dilaporkan. Sehingga kerja sama antar daerah mampu menekan angka inflasi di Provinsi Banten.

“Kemudian kita juga perlu progres dalam melaporkan setiap daerah. Dalam rangka menyambut Nataru, dimana semua daerah yang memiliki potensi keramaian perlu diawasi semaksimal mungkin,” jelasnya. 

Dikatakan, mengenai inflasi di Kota Serang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten kini sedang mengkaji dan mendalami teknis dari penyebab kenaikan angka inflasi tersebut. 

“Kota Serang ini sering dijadikan sebagai daerah untuk transit para pengguna kendaraan umum. Sehingga tidak sadar kalo kita sudah berkendara melewati Kota/Kabupaten yang berbeda. Hingga biaya transportasinya juga terbilang tinggi,” jelasnya.

“Lalu stok bahan pokok seperti cabe rawit, cabe merah, telur, dan daging ayam juga akan terus kita analisis di berbagai daerah di Provinsi Banten khsusunya Kota Serang ini,” lanjutnya. 

Dalam arahannya Tomsi Tohir meminta kepada para Kepala Daerah, yang memiliki potensi cukup besar dalam merayakan Natal dan Tahun Baru . Mampu mengendalikan serta mengatasi inflasi dengan baik. 

“Mohon untuk seluruh Kepala Daerah betul-betul menekan inflasi. Sehingga bisa memaksimalkan registrasi pada pendapatan penghujung tahun,” jelasnya.

Irjen Tomsi Tohir juga berharap, dalam pengendalian Inflasi semua Kepala Daerah mampu membuat inovasi atau ide baru guna mengatasi inflasi di daerah masing-masing.

“Untuk menghadapi tantangan ini, dalam penanganan juga diperlukan terobosan dan ide-ide baru dalam meringankan beban masyarakat,” pungkasnya. (wawan/ben/di)
×
Berita Terbaru Update