Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DISKOPUMKMINDAG Pandeglang Lakukan Operasi Pasar Khusus

Kamis, 24 November 2022 | November 24, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-25T02:32:10Z


kontakpublik.id, PANDEGLANG-Operasi pasar merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan harga komoditas yang berpotensi naik,  imbas dari kebijakan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan aktivitas kegiatan berbasis perdagangan, berbentuk penjualan langsung yang dilakukan oleh Dinas kepada Masyarakat beresiko Sosial dengan harga yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten,  operasi pasar juga mengantisipasi kenaikan harga beras yang melambung di masyarakat karena dampak dari kenaikan harga BBM, 
Biasanya Pemerintah langsung ambil sikap dalam hal ini .

Melalui Perubahan Anggaran Pemerintah Belanja Daera (APBD),  menggambarkan kebutuhan fisikal Daerah Dalam menyelenggarakan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah baik urusan wajib yang terkait pelayanan dasar dan tidak terkait pelayanan dasar maupun urusan pilihan sebagaimana dimaksud dalam pasal 11 ayat 1 undang-undang nomor 23 tahun 2014.

Begini kata Suaedi Kurdiatna, M.Si selaku Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (DISKOPUMKMINDAG) Kabupaten Pandeglang yang didampingi Kabid Perdagangan, Juhaner Waluyo di Kantornya pada kamis (24-11-2022) 

Menurutnya, bahwa tahun 2022 ini pasca anggaran perubahan, kita mendapatkan anggaran untuk melakukan operasi pasar khusus yang dilaksanakan di 14 Kecamatan se kabupaten Pandeglang, ini berdasarkan hasil data yang kita terima dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang bersumber dari nilai sosial, itu diantaranya yang mendapatkan bantuan bukan bantuan sebetulnya yang mendapatkan alokasi kegiatan untuk dilaksanakan operasi pasar khusus , dimana Masyarakat mendapatkan subsidi dari 6 item sembako yang diberikan kepada Masyarakat dalam satu paket tersebut .

Diantaranya beras premium 1 kg kemudian gula pasir 1 kg tepung terigu 1 kg mie instan 5 buah kemudian minyak goreng 1 liter dan juga telur sebanyak 1 kg, jadi di harga pasaran itu ekonominya sebesar 95.000 tetapi pemerintah daerah memberikan subsidi per item barang itu Rp5.000 dengan total Rp30.000 jadi masyarakat cukup menebus satu paket sembako itu dengan harga Rp. 65.000 .

Ada 14 Kecamatan tiap Kecamatan tersebut, mendapatkan alokasi 1300 paket, didapatkan melalui kita, Kecamatan dan didistribusikan ke Desa-Desa mendapatkan kupon, kemudian Masyarakat menebus membawa kupon dengan uang Rp. 65.000 agar mendapatkan paket sembako, 


Sementara Kabid Perdagangan, Juhaner Waluyo menyampaikanya,  bahwa Tujuan dilaksanakannya operasi pasar ini yang pertama adalah memang karena adanya surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri terkait penanganan dampak inflasi Tahun 2022 dan juga dari Kementerian Keuangan nomor 134 terkait dengan penanganan dampak kenaikan BBM 

Yang mengakibatkan inflasi di kabupaten Pandeglang Tahun 2022 sehingga Dinas Koperasi UMKM Perdagangan bekerja sama dengan Bulog yang jadi penyedia barangnya, begitu Pula kita melakukan kerjasama dengan Bulog untuk melakukan kegiatan operasi Pasar khusus ini yang mulai dilaksanakan pada tanggal 6 November 2022 sampai dengan 22 Desember 2022 .

Jadi doakan saja semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar sukses saat ini kita baru melaksanakan 6 titik yang sudah dilaksanakan adalah di kecamatan Menes , di Kecamatan Sukaresmi, di kecamatan Pandeglang, di kecamatan Picung di kecamatan Cibaliung dan juga terakhir tadi kita melakukan operasi pasar di kecamatan Labuan .

Operasi Pasar Khusus Sudah berjalan dan masih ada hari Selasa nanti itu akan dilaksanakan di kecamatan terakhir , 
Jadi nanti kita di desember masih ada sekedul,  di tahun 2023 nanti program ini akan dilanjutkan kita kembali ke pimpinan semoga bisa dilaksanakan di tahun yang akan datang.

Tadi masih banyak masyarakat yang menginginkan kalau bisa kuotanya ditambah jangan 1300 itu atensi dari bawah tetapi angharanya kan terbatas.

Juhaner berharap, semoga saja kegiatan ini bisa  berkelanjutan dan  pemerintah juga dari pusat Kabupaten mendukung kegiatan serupa. Pungkasnya (Ridho Akbar)
***Editor In Chief-Rudi Suhaemat***
×
Berita Terbaru Update