Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perpaduan JUT Dan Terasering Poktan Taruna Tani Mandiri

Selasa, 05 Juli 2022 | Juli 05, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-06T00:46:42Z



Kontakpublik.id, PANDEGLANG - Perpaduan Jalan Usaha Tani (JUT) dan pembuatan terasering dalam satu lahan milik Kelompok Tani (Poktan) Taruna Tani Mandiri, di blok Campaka Desa Campaka Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. 

Mendapatkan apresiasi dari dari masyarakat Desa dan masyarakat dari luar Desa. Bagaimana tidak, JUT yang dibangun oleh Poktan, pembangunannya menggunakan Wermes (Teknik tulang besi beton) layaknya pengerjaan rabat beton seperti dijalan jalan utama. Padahal ini hanyalah JUT, yang dananya saja, hanya Rp. 100.000.000,- (Seratus Juta Rupiah) dengan panjang 400 meter, sedangkan lebarnya 2 meter. 


Dengan JUT, sebagus itu dikiri kanan Jalan ada Terasering multi tanaman dengan nilai Rp. 75.000.000,- (Tujuh Puluh Lima Juta Rupiah) yang ditanam disitu, seperti tanaman durian, pisang, alpukat dan tanaman lainnya. Perpaduan yang yang bagus.

Ini bedasarkan pantauan media ini, pada Selasa (05/07/22) dilokasi JUT dan pembuatan Terasering yang sudah rampung. 

Ditempat yang sama, Koimudin, selaku Ketua Poktan Taruna Tani Mandiri. Kepada media ini mengatakan, bahwa ia sangat berterimakasih kepada Pemerintah kabupaten Pandeglang, umumnya dan Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan, pada khususnya. Atas diberikannya program 'Flood Management In Selected River Basins' (FMSRB) yang pro rakyat, kepada Poktan Taruna Tani Mandiri. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya. 

"Kedepannya program FMSRB ditempat kami ini akan kami jadikan sebagai percontohan bagi Poktan poktan yang lainnya. Dengan lahan yang sebesar ini kurang lebih 20 Ha, akan dijadikan juga sebagai destinasi wisata, tinggal kami nanti menjalin kerjasama dengan pihak yang berkompeten, seperti wahana wisata Air DM dan pihak yang lainnya, yang sudah punya kualifikasi dan pengalaman". Katanya. 

Sementara itu, H. Dedi, Tokoh masyarakat setempat, pada media ini mengungkapkan, rasa bangga dan Apresiasi setinggi tingginya atas kinerja dan capaian yang telah ditunjukan oleh Poktan Taruna Tani Mandiri. 

Tidak serta merta juga, Poktan dapat membangun kalau tidak ada bantuan dari Pemerintah Pusat dan Daerah. Untuk itu, kami dari masyarakat Desa Campaka, selalu mendukung pembangunan untuk kemajuan Daerah. Ungkapnya. (Sof)

×
Berita Terbaru Update