Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kepala DISKOPUMKMINDAG Gandeng Koperasi Untuk Budidaya Porang

Kamis, 19 Mei 2022 | Mei 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-19T23:06:03Z




Kontakpublik.id, PANDEGLANG -
Pandeglang menjadi salah satu dari 3 Kabupaten/Kota yang mendapat Bantuan Industri Kecil dan Menengah (IKM) dari Kementerian Perindustrian untuk membangun pabrik porang. Guna pemanfaatan Pabrik yang dibangun kelak, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DISKOPUMKMINDAG) jemput bola ke hulu dengan menggandeng Koperasi untuk melakukan Budidaya Porang, hal ini dilakukan agar pada saat pabrik mulai beroprasi bahan baku sudah tersedia. Demikian kata Kepala DISKOPUMKMINDAG Pandeglang, Suaedi Kurdiatna pada saat pembukaan Gerakan Tanaman Perdana di rumah bibit kampung cirendeu, Desa Babakan Lor Kecamatan Cikedal Kamis (19/5/2022).
 

Lebih kanjut ia menjelaskan, Pada dasarnya Diskoperindag berada pada aspek Hilir (Pengolahan dan Pemasaran) akan tetapi demi ketersediaan bahan baku (porang) kelak, maka kami perlu melakukan jemput bola ke Hulu (Budidaya), “Pabrik akan dibangun di Kp. Ciseukeut Desa Mekarsari Kecamatan Panimbang, ketika pabrik selesai dibangun tentu harus beroprasi dan untuk beroprasi pasti membutuhkan bahan baku yakni Porang ini, maka Diskoperindag bekerjasama dengan kopearsi Prodesen Berkah Jaya Abadi Indonesia yang bermitra dengan 100 Petani se-Kabupaten Pandeglang melakukan Budiaya Porang demi memenuhi suplay Pabrik”, ungkap edi. 

Kemudian Terkait Koperasi yang bermitra dengan 100 Petani di beberapa kecamatan itu antara Koperasi dengan Petani sistemnya bagi hasil, kebutuhan Bibit dan Prasarana Budidayanya disupport/disediakan oleh koperasi jadi Petani hanya tinggal memelihara saja dengan baik sampai dengan masa Panen tiba. Dari hasil panen 50% untuk Koperasi, 40% Petani, 5% kegiatan Sosial dan 5% kepentingan sarana Ibadah kawasan Lahan Budidaya. Ujarnya. (Hend/Netz)

×
Berita Terbaru Update