Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pantai Kodok Carita Menjadi Daya Tarik Wisata

Jumat, 12 April 2024 | April 12, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-12T10:29:35Z


kontakpublik.id, PANDEGLANG-Berbagai cara dilakukan masyarakat Pejamben, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang. Provinsi Banten di Pantai Kodok Carita , pada Jum'at, (12-4-2024) untuk memanfaatkan sumberdaya pesisir dan laut tanpa batas.

Antara lain dengan mengambil kekayaan laut, memanfaatkan sumberdaya hayati, serta membangun bisnis jasa lingkungan misalnya adanya tempat-tempat wisata bahari dan rekreasi.

Memang cukup unik mendengar namanya, pantai itu bernama pantai Kodok, begitu abstrak kegiatan ekonomi masyarakat nya dipesisir Pantai identik dengan Nelayan. Sebagian besar kegiatan ekonomi adalah penangkapan ikan laut dan olahannya (pasca panen hasil laut), Dagang, menyewakan tempat, tikar dan lain-lain.

Pantai kodok itu sendiri, terdapat banyak potensi alam yang sangat banyak. Dari sisi materialnya yakni, pasir, air asin, dan tumbuhan kelapa/bakau. Sedangkan dari sisi keadaan memiliki potensi suhu yang tinggi dan kelembaban udara yang tinggi serta angin yang besar dan relatif kencang

Untuk memanfaatkan peluang ini, masyarakat pesisir laut dapat menyediakan jasa sewa perahu, menyewakan tempat santai berbentuk Gajebo, menyediakan jasa alat snorkeling, membuka menjual souvenir khas pesisir laut dan menyewa Kuda.

Wisata pantai Kodok merupakan seluruh kegiatan yang bersifat rekreasi yang aktifitasnya dilakukan pada media kelautan atau bahari dan meliputi daerah pantai sekitarnya, serta kawasan lautan dalam pengertian pada permukaannya, dalamnya, ataupun pada dasarnya termasuk semuanya dapat dilihat langsung secara kasat mata, mulai dari kepiting, ikan , udang, siput, Klomang dll. 

Warga Lebak, Provinsi Banten, sebut saja namanya Dana, mengakui sangat senang berkunjung ke Pantai Kodok Carita guna untuk melakukan wisata, dirinya mendapatkan kesenangan dan suka cita dari perjalanan tersebut hingga dapat menikmati pemandangan yang berbeda ditempat wisata sebagai penyeimbang pemandangan monoton yang dirasakan sehari-harinya. 

Selain itu kami sekeluarga juga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru terkait tempat wisata yang dikunjungi. Yang jelas dengan adanya tempat wisata Pantai Kodok ini juga akan dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat. Pengeluaran atau perbelanjaan pengunjung akan meningkatkan pendapatan dan keuntungan bagi masyarakat setempat.

Artinya Masyarakat setempat banyak memanfaatkan tempat – tempat wisata sebagai ladang untuk mencari nafkah, bisa berdagang, menyewakan Fasilitas seperti Gajebo, menyewakan tilar, sewa boot, banana, hasil pertanian dan perkebunan dapat dijual langsung kepada wisata. (Rudi Bako)
×
Berita Terbaru Update