Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kades Ciherang Prioritaskan Pembangunan dari DD

Jumat, 22 Maret 2024 | Maret 22, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-23T02:00:56Z


kontakpublik.id, PANDEGLANG-Pertama kalinya Indonesia mengucurkan Dana Desa (DD) ditahun 2015 sesuai amanat UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dana ini diharapkan agar dimanfaatkan oleh pemerintah desa untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat desa hingga tahun 2024 berjalan lancar

Hal itu ditunjukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa.

DD yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) , sedangkan Alokasi Dana Desa (ADD) bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), yaitu minimal sebesar 10% dari Dana Alokasi Umum (DAU) ditambah Dana Bagi Hasil (DBH). Yang jelas DD dan ADD tentunya berbeda. Perbedaanya DD dan Alokasi DD terdapat pada sumber dananya.

Alokasi DD bagian dari dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh daerah/kabupaten untuk desa, paling sedikit 10 persen yang pembagiannya untuk desa secara proporsional dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah setelah dikurang dana alokasi khusus. 

Intinya alokasi dana desa merupakan bagian keuangan desa yang diperoleh dari hasil bagi hasil pajak daerah dan bagian dari dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh kabupaten/kota untuk desa yang dibagikan secara proporsional.

Salah satunya di desa Ciherang, Kecamatan Picung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten selaku penerima Program diKunjungi media ini secara langsung menyambangi ke kantor Desanya pada Jum'at siang, (22-03-2024).

Melalui Kepala Desa Ciherang, Ardi Wirana yang menuturkan bahwa secara keseluruhan anggaran DD Ciherang 1,5 Miliar dengan prioritas utamanya adalah, pertama Jalan Coran untuk Masyarakat dan khusnya untuk Umum, yang kedua adalah TPT alias DAM, yang ke tiga Paving Block, yang ke empat untuk sekolah dan Pos yandu.

Kami ucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah, baik Pusat, Provinsi dan Kabupaten, semoga kedepanya lebih baik lagi, lebih bagus dan lebih semangat. (rudi bako)

×
Berita Terbaru Update