Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sosialisasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Di Desa CilabanBulan - Menes T.A.2023

Senin, 06 November 2023 | November 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-07T05:50:27Z


Kontakpublik.id,PANDEGLANG-
Melalui Program BSPS, Kementrian PUPR Segera Rehab 9 RTLH di Desa CiLabanBulan,Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten,
Melalui Program BSPS, Kementrian PUPR akan Segera Rehab 9 RTLH di Desa CilabanBulan.

Sebanyak 9 rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa CilabanBulan  menjadi sasaran Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) penanganan kemiskinan ekstrem (PKE), tahun ini.

Sebelum pembangunannya dimulai, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) bersama Pemkab Pandeglang melakukan sosialisasi kepada warga penerima.

Seperti yang terlihat di Kantor Desa CilabanBulan Kecamatan Menes, Selasa (7/11/2023) dihadiri Camat Menes,Kepala Desa, CilabanBulan,TFL,Mahasiswa Kampus Merdeka,seluruh warga penerima manfa,at.

Iwan Hermawan Kepala Desa CilabanBulan,membuka acara secara resmi sosialisasi program BSPS di hadapan para warga penerima bantuan.

Tak hanya membuka sosialisasi saja, Iwan juga mengenalkan apa itu BSPS supaya warga mengetahuinya.

Ditegaskannya, BSPS merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Khususnya dalam rangka mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya beserta sarana dan prasarana.

"BSPS ini memang sebenarnya hampir sama dengan RTLH, cuma yang menjadi pembeda adalah sasaran penerimanya, karena ini khusus untuk masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan ekstrem," katanya.

Besaran bantuan BSPS yang akan diberikan untuk per 1 unit rumah sebesar Rp 20 juta. Kata Iwan Kades CilabanBulan.
Lanjut Iwan," penerima bantuan di Desa CilabanBulan sebanyak 9 Rumah warga yang rumahnya akan diperbaiki.

Ia pun berharap dengan adanya  RTLH yang dibangun di Desa CilabanBulan melalui program BSPS, bisa membantu pemerintah Desa dan Pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan.

Tak hanya itu saja, dalam pembangunannya, penerima manfaat akan mendapat pendampingan. Sehingga, dalam pembangunan rumah  akan menjadi rumah yang layak huni dan sehat.

"Kalau sudah diperbaiki, maka rumahnya menjadi lebih baik. Layak huni, bersih dan sehat. Tinggal dijaga dan dirawat," harapnya.


Sementara itu, Abdul Haris Camat Menes Menambahkan," Alhamdulillah tahun ini 2023 di Kecamatan Menes ada 4 Desa yang mendapatkan BSPS dari Kementrian PUPR,
Untuk Desa CilabanBulan sebanyak 9 Rumah,Desa Muruy 11 rumah,Desa Purwaraja 11 Dan Desa Kadupayung 17 Rumah yang akan mendapatkan BSPS, keseluruhan  sebanyak 50 Rumah yang  akan diperbaiki.

Alhamdulillah 50 Rumah tersebut menjadi sasaran dari Program BSPS reguler dengan anggaran sama,Yakni sebesar Rp.20 juta.Anggaran tersebut akan diberikan melalui rekening penerima.

"Ada juga yang dapat bantuan reguler. Ada 50 rumah untuk 4 Desa yang ada di Kecamatan Menes, yang juga akan diperbaiki dengan anggaran Rp 20 juta dari Kementrian PU-PR. langsung ke Rekening penerima manfaat sesuai dengan by name by address lewat rekening Bank Mandiri," tutupnya. (Do)

×
Berita Terbaru Update