Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KWRI Dan Pemprov Banten Hadir Dalam Pengembangan Geopark Bayah Dome

Jumat, 11 Agustus 2023 | Agustus 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-12T06:58:41Z


kontakpubkik.id, LEBAK - 
Geopark Bayah Dome merupakan prioritas Pariwisata Kabupaten Lebak Provinsi Banten yang meliputi Geosit Bayah, cilograng, Cibeuber, Panggarangan, Cigemblong, Ciherang, sajira dan Curug Bitung. sebuah wilayah Geografi yang memiliki Warisan Geologi dan memilki Keanekaragaman yang tinggi 

Termasuk di dalamnya Keanekaragaman Hayati dan  Keragaman Budaya yang menyatu dikembangkan dengan tiga pilar utama diantaranya Konservasi, Evaluasi dan Pengembangan Ekonomi Lokal, tujuannya tidak lain untuk mewujudkan pelestarian Warisan Geologi keanekaragaman Hayati dan keragaman Budaya untuk Kesejahteraan Masyarakat.

Sinergitas Pemprov Banten, Media Massa dan  Lembaga Pers, Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) dalam Pengembangan Geopark Bayah Dome terus saling dorong untuk kesejahteraan Masyarakat .  Acara tersebut digelar  di Gedung Aula Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Lebak. Provinsi Banten, pada Jum'at, (11/8/23).

Secara Langsung Hadir Ketua DPD Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Provinsi Banten, H Edi Murpik, Kabid Dinas Pariwisata (DISPAR) Provinsi Banten, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Lebak, Biro Administrasi Pimpinan (ADPIMPRO) Provinsi Banten dan Elemen Masyarakat .

Dalam hal ini,  Ketua DPD KWRI Provinsi Banten, H. Edi Murpik dihadapan Awak Media menyampaikan tujuan diadakannya Sinergitas untuk mendukung Program Pemerintah dalam mengembangkan Pariwisata Provinsi Banten, terutamanya di Kabupaten Lebak. 

Dengan adanya diskusi ini, kita sebagai Media harus mengetahui lebih banyak tentang Geopark Bayah Dome. Supaya masyarakat juga bisa paham apa itu Geopark dan apa itu Bayah Dome, katanya

Ditempat yang sama,  Beni Ismail selaku Kepala Biro Administrasi Pimpinan (ADPIMRO) Provinsi Banten , samoaikan pula bahwasanya Kaloborasi Dinas Pariwisata Provinsi Banten dan Media Massa, tujuanya mendorong daya tarik Destinasi Wisata di Banten, Geopark Bayah Dome mencakup 15 Kecamatan, 179 Desa, dan 5 Kelurahan dengan luasan sekitar 201.537 Hektare.

Menurut Beni , Geopark Bayah Dome sudah diteliti sangat lama dan menjadi pusat penelitian dari berbagai Universitas yang ada di Indonesia. Tuturnya

Perlu diketahui, Geopark Bayah Dome ini adalah pembangunan yang berkelanjutan maka perlu dari berbagai Elemen Masyarakat ikut serta melestarikanya.

Oleh karena itu, Geopark Bayah Dome adalah kawasan konservasi dan menjadi kawasan yang diusulkan menjadi kawasan Geopark Nasional hal itu diusahakan oleh Pemerintah Provinsi Banten (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar melalui keterangan tertulis pada Rabu, 12 Juli 2023 lalu.

Maka dari itu Geopark harus menjadi pusat perhatian dari berbagi Elemen Masyarakat, Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat bahkan seluruh Masyarakat Indonesia. (Rudi Suhaemat)
×
Berita Terbaru Update