Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Aparatur Desa Sidamukti Gelar Penyuluhan Covid - 19.

Jumat, 16 Desember 2022 | Desember 16, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-16T11:15:23Z


kontakpublik.id.SERANG-Desa Sidamukti Kecamatan Baros, Kabupaten Serang - Provinsi Banten, menggelar kegiatan Penyuluhan Covid -19, bertempat di Aula Kantor Desa Sidamukti pada jum'at , (16-12-2022)

Peserta penyuluhan dari 5 Kader Pos Yandu, diantaranya satu pos yandu terdiri dari 6 Kader, Narasumber dari UPT Puskesmas Baros (Kepala Puskesmas ), dan bidan desa siaga,juga di hadiri dari Anggota Koramil Sertu Ahmad Mutaqin,dan  anggota Polsek baros.

Rangkaian acara, pembukaan oleh Kades, dilanjutkan  sambutan camat, dan penyuluhan.
" Dalam kegiatan penyuluhan ini, yang terpenting adalah penerapan dalam kehidupan sehari - hari, baik di lingkungan keluarga, dan luar lingkungan, biasakan untuk hidup bersih ,mencuci tangan, dan hal kebersihan lainya". Tutur Juhri selaku Kades ,saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka kagiatan.

Ditempat yang sama Sri Rahayu Basukiwati, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa " Penyakit Covid - 19 adalah penyakit yang di sebabkan oleh Corona Virus jenis baru dengan gejala Klinis demam, batuk, pilek, letih, lesu, sakit tenggorokan, dan sesak napas, masyarakat perlu mengetahui cara mencegah penularan virus tersebut, agar tidak mewabah di Indonesia.

Coronavirus menular melalui droplets 
atau tetesan cairan yang berasal dari batuk dan bersin, kontak pribadi seperti menyentuh dan berjabat tangan, menyentuh benda atau permukaan yang terdapat virus kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan". Jelasnya

Hal yang sama di katakan Hj Melly Siltina, S.St, M.Kes Kepala UPT Puskesmas Baros dan Nurul Aini, A.Md.Keb, sebagai bidan desa selaku Narasumber menerangkan, bahwa 
Ada 5 cara penting dalam mencegah penularan covid-19 antara lain pertama sering mencuci tangan pakai sabun,  kedua bekerja,  belajar, beribadah di rumah,ketiga jaga jarak, dan hindari kerumunan, keempat tidak berjabat tangan, kelima pakai masker bila sakit atau harus berada di tempat umum, 
Pencegahan covid-19 di area publik juga perlu dilakukan oleh Masyarakat.

Yang pertama,  ditransportasi publik misalnya, bila kondisi tidak sehat, jangan mengemudikan kendaraan dan segera periksa ke fansyankes. Bagi penumpang yang demam,  batuk atau flu, menggunakan masker,  ukuran suhu 2x sehari sebelum dan sesudah mengemudi.
Bila penumpang dengan gejala mirip flu, sarankan untuk Menggunakan masker, bila tidak memiliki masker, Berikan masker.

Ke dua , di instansi pendidikan dilakukan melalui berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat, kegiatan belajar melalui online, memberi tugas para siswa/siswi yang beragam, 
agar tidak bosan di rumah, menyediakan sarana cuci tangan menggunakan air dan sabun atau handsanitizer di sekolah, menghimbau warga sekolah yang sakit untuk mengisolasi diri di rumah, melapor ke Puskesmas terdekat tentang kondisi anda, dan membersihkan sekolah.

Ke tiga , di kegiatan keagamaan dilakukan dengan menjaga kebersihan dan lingkungan tempat ibadah, menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer, kegiatan agama melalui online, menghimbau umat untuk memperhatikan informasi dan panduan resmi dari pemerintah,Mendorong umat untuk mendukung himbauan pemerintah dalam menerapkan sosial distancing.

Dan Ke empat di pusat perbelanjaan dilakukan dengan pemeriksaan/skrining pengunjung suhu tubuh sebelum memasuki area perbelanjaan,
Menjaga jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain saat berbelanja.

Kemudian menunda berbelanja bila sedang kurang sehat, bagi pemilik usaha agar menyediakan tempat cuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer,Menjaga kebersihan dan lingkungan tempat perbelanjaan".
Kegiatan di mulai jam 13.20 Wib, selesai jam 14.30 Wib. ( Agung/rudi )
×
Berita Terbaru Update