Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinas Pertanian Provinsi Banten Bagikan Bibit Alpukat Cengkho

Kamis, 07 Juli 2022 | Juli 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-07T22:31:42Z



Kontakpublik.id, PANDEGLANG - Bertempat diprodusen penangkaran Alpukat Cengkho, dicikole Petir Kelurahan Sukaratu Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Dinas Pertanian Provinsi Banten, bersama Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan (Distapang) Kabupaten Pandeglang. Membagikan bibit unggulan alpukat Cengkho, kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan), yang langsung diserahkan oleh. Agus Tauchid, selaku Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten. Dan, Budi S Januardi, Selaku Kepala Distapang Kabupaten Pandeglang. Pada Kamis (07/07/22) diprodusen penangkaran langsung. 


"Diharapkan pemberian bibit alpukat Cengkho ini, kepada petani bisa meningkatkan dan menambah nilai ekonomis bagi kekangsungan hidup petani itu sendiri".

Alpukat Cengkho ini, kalau sudah jadi tanamannya dan berbuah, ini tidak mengenal musiman untuk memanennya, jadi kapanpun kalau sudah berbuah, bisa dipetik atau dipanen. Terang, Agus Tauchid. 

Masih ditempat yang sama, Nur Idawati. SP. MM. Selaku Kepala Bidang Tanaman Pangan Dan Holtikultura pada Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang. Kepada media ini mengatakan, dengan adanya tanaman alpukat Cangkho ini. Merupakan suatu terobosan baru bagi petani, karena keberadaan alpukat Cengkho ini, memang benar benar baru, walaupun tanaman alpukat sudah lama keberadaannya. Tetapi alpukat jenis Cengkho baru satu dasawarsa kebelakang keberadaannya, yang dikembangkan oleh petani dikabupaten Pandeglang, yang bernama Pak Andri Priana, makanya acara pelepasan atau pembagian alpukat Cengkho, dilaksanakan dipenangkaran beliau. Bibit alpukat Cengkho dibagikan kepada Poktan yang berjumlah tujuh Poktan, yang tersebar diempat Kecamatan yang ada dikabupaten Pandeglang. Diantaranya Kecamatan Majasari, Kaduhejo, Banjar dan Karang Tanjung. Dengan jumlah bibit alpukat Cengkho, sebanyak 1. 023,- (Seribu Dua Puluh Tiga) bibit, dengan lahan yang tersedia seluas 60 Ha. Diempat Kecamatan tersebut. Jelasnya. 

Sementara itu, Andri Priana, selaku Produsen dan Penangkar bibit alpukat Cengkho. Kepada media, membenarkan apa yang dikatakan Ibu Nur Idawati, bahwa ini merupakan terobosan baru bagi para petani agar menanam jenis alpukat Cengkho. 

"Tanaman alpukat Cengkho, memang sudah lama keberadaannya, hanya saja untuk pembibitannya mungkin hanya ada dikabupaten Pandeglang".

Dan saya secara pribadi, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Provinsi Banten dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang. Yang sudah mau datang ketempat kami untuk melepas dan membagikan bibit alpukat Cengkho ini. Tuturnya. (Sof)

×
Berita Terbaru Update