Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kinoy, Puasa Dan Nikmat Sabar

Senin, 25 April 2022 | April 25, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-26T01:30:21Z


Oleh : Fadhia Turrahmah

Kontakpublik.id - Tetangga Saya memiliki seekor kucing cantik, berbulu putih, berjenis kelamin betina. Kucing itu diberi nama Kinoy. Kinoy sangat manja dan penurut. Sehingga tetangga Saya sudah menganggap kinoy seperti anak sendiri. Suatu hari di bulan puasa Si Kinoy menghilang. Entah pergi nyari pasangan. Entah ada yang mencuri. Entah tertabrak kendaraan. Entah kemana perginya.

Tetangga : Bu, Saya bete dengan kehidupan ini. Si kinoy sudah dua hari menghilang. Saya merasa Tuhan nggak adil ke Saya. Kenapa semua yang Saya sayang selalu diambil.

Saya : Mungkin Kinoy nyari pasangannya, teh

Tetangga : Masa sih puber? si kinoy baru 6 bulan umurnya

Saya : Ikut bersedih ya

Tetangga : Sampai sekarang Saya masih suka liat video kinoy di HP. Tuhan benar-benar ga adil sama Saya. Tuhan selalu buat Saya menangis dengan kehilangan apa yang Saya sayang. Saya dah ga sholat dari si kinoy ga ada.

Saya : Jangan begitu teh

Tetangga : Kinoy ga bakal pergi kalau ga ada izin dari Tuhan. Saya sedih banget bu

Saya : Kalau nangis batal deh puasanya

Tetangga : Saya ga peduli bu. Saya tau Tuhan ga adil. Kemaren Saya nangis sampai sesegukan minta kinoy pulang. Tapi Tuhan tutup telinga dari do'a Saya. Katanya Tuhan ga buta, ga tuli, ga bisu. Tapi kenapa do'a Saya ga dijawab. Cuma si kinoy yang membuat Saya happy.

Saya : Saya cuma bisa bantu do'a semoga kinoy cepat pulang.

Tetangga : Saya sudah malas minta ke Tuhan. Malas sholat, malas puasa. Buat apa susah-susah sholat kalau ga bakal didengar Tuhan. Percuma.

Pembicaraan hari itu berakhir. Saya termangu. Bingung. Kok bisa seorang manusia mengutuk Tuhan hanya karena perginya seekor kucing dari rumah. Padahal kalau dibandingkan dengan kehidupan orang lain, tetangga Saya termasuk punya segalanya. Masih punya orang tua, punya anak, punya penghasilan yang cukup. Rasanya tidak pantas untuk mengatakan bahwa Tuhan tidak adil.

Bulan puasa adalah sarana bagi manusia untuk melatih diri untuk memiliki sifat-sifat yang baik. Yaitu mampu menahan diri dan bersabar.  Orang yang berpuasa harusnya adalah orang-orang yang sabar. Orang yang mampu menahan hawa nafsunya untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Kenapa sebagian besar manusia yang berpuasa tidak mampu menjadi orang yang sabar? Mungkin karena berpuasa hanyalah dianggap tradisi. Yang dicari bukan hikmahnya tapi kesenangan kesenangan di bulan puasa karena ada banyak makanan lebih, saatnya punya baju baru dan saatnya berlibur dan berkumpul dengan keluarga. Akhirnya saya menyadari bahwa sabar itu adalah nikmat yang tidak diberikan Tuhan kepada semua manusia. (***) 

×
Berita Terbaru Update